Resep Dadar Gulung Isi Coklat Istimewa

Resep Dadar Gulung – Jawa memang tak hanya kaya dengan budayanya saja, akan tetapi berbagai jajanan makanan khas Jawa juga terbilang cukup banyak dan beragam. Salah satu jenis makanan khas yang berasal dari Jawa dan lumayan cukup populer adalah dadar gulung. Makanan ini biasanya memiliki warna yang beragam. Bisa hijau, merah muda atau bisa juga berwarna putih krem dengan ragam corak agar terlihat lebih menggoda selera. Tentu warnanya tersebut berasal dari pewarna makanan alami yang baik untuk kesehatan, seperti daun suji dan pewarna makanan alami lainnya. Dadar gulung ini biasanya identik dengan isi kelapa muda meski begitu tak selamanya juga dadar gulung tersebut berisi kelapa muda, karena dengan semakin kreatifnya orang-orang, membuat isi dadar gulung pun semakin beragam. Dengan cita rasa yang lezat, guruh serta manis, tak salah jika dadar gulung ini memiliki banyak penggemar dan pas jika disajikan untuk menemani waktu minum teh anda.
Resep Dadar Gulung Coklat
Resep Dadar Gulung Coklat
Jika anda tertarik untuk membuat makanan ini, maka berikut ini adalah Resep Dadar Gulung Isi Coklat Istimewa. (Selain itu mungkin Anda tertarik untuk mencobakan Resep Soto Lamongan Asli)

Bahan-bahan untuk kulit Dadar Gulung:
 
  1. 1 butir telur ayam
  2. 150 gram tepung terigu
  3. 400 ml susu cair
  4. Vanili 1 sendok teh
  5. Margarin 1 sendok makan
  6. Garam secukupnya
Bahan-bahan untuk isi Dadar Gulung: 
  1. 1 butir kuning telur
  2. 175 ml susu cair
  3. Gula pasir halus 25 gram
  4. 2 sendok makan tepung maizena
  5. Dark cooking chocholate secukupnya
  6. Garam secukupnya
Cara pengolahan:
  • Pembuatan kulit
  1. Campurkan antara tepung terigu, vanili, susu, telur, garam serta margarin kemudian aduk semua bahan tersebut secara merata dan encer, serta pastikan juga bahwa bahan tersebut tidak ada yang menggumpal.
  2. Apabila adonan telah rata dan selesai di aduk, selanjutnya siapkan wajan datar (wajan teflon) dan panaskan diatas tungku (kompor). Jika dirasa wajan sudah panas selanjutnya oleskan margarin secukupnya diatas wajan secara merata.
  3. Buat dadaran tipis diatas wajan dengan cara menuangkan adonan 1 s/d 2 sendok sayur. Tunggu adonan mengering lalu angkat dan sisihkan. Lakukan terus sampai adonan tersebut habis.
  • Pembuatan isi
  1. Langkah awalnya rebus susu cair tersebut beserta dengan gula pasir dan garam sampai mendidih. Setelah itu masukkan dark cookhing chocolate dan aduk lagi hingga tercampur secara sempurna dan campurkan juga tepung maizena supaya adonan mengental.
  2. Sembari diaduk-aduk sesekali, kemudian tambahkan kuning telur ke dalam adonan tersebut ketika sudah muncul letupan-letupan kecil pada adonan. Aduk-aduk lagi beberapa saat kemudian angkat.
  3. Setelah dadaran kulit dan isi dadar gulung selesai dibuat, langkah yang terakhir adalah membentuk dadar gulung dengan cara mengisi setiap lembaran dadaran kulit dengan isi dadar gulung 1 s/d 2 sendok makan kemudian gulung dan lipat dengan rapi ujungnya agar terlihat semakin menarik.
  4. Setelah selesai, maka dadar gulung siap untuk dihidangkan menemani waktu minum teh anda.
Resep Dadar Gulung di atas tentu masih bisa anda eksplorasi lagi menjadi resep lain yang lebih unik, dan enak.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Dadar Gulung Isi Coklat Istimewa"

Posting Komentar