Cara Membuat Es Krim Durian Ala Rumahan

ResepKuliner.Info - Cara Membuat Es Krim Durian Ala Rumahan | Siapa tidak mengenal durian. Buah berkulit tebal dengan duri yang tajam ini memang mempunyai ciri khas rasa dan aroma tersendiri. Tak helan bila banyak yang menggilai buah yang satu ini. Namun bagi sebagian orang, buah yang beroma tajam ini kadang menjadi musuh bebuyutan mereka. Ada yang beralasan karena baunya yang menyengat. Ataupun rasanya yang menimbbulkan panas di perut. Apa pun itu, buah ini tetap menjadi rajanya buah yang bisa diolah menjadi aneka makanan atau minuman turunan buah duren. Sebut saja pancake durian, biskuit rasa durian, ketan durian, dan yang akan kita bahas sebentar lagi adalah es krim durian. Bagi anda penggemar es krim, cobalah varian es krim yang satu ini. Dan buat anda yang menjauhi durian, sebaiknya berpikir ulang untuk menjauhi es krim durian. Berikut ini cara membuat es krim durian ala rumahan.
resep es krim durian
Cara Membuat Es Krim Durian Ala Rumahan
Bahan-bahan untuk membuat es krim durian antara lain 500 gram daging buah durian yang sudah dihaluskan atau diblender, 400 gram gula pasir, 200 ml air, 6 butir kuning telur, 1 liter cream, garam dan es batu secukupnya. Untuk membuatnya pun terbilang mudah. Pertama-tama masak air dengan gula pasir, aduk hingga gula larut dan mengental. Kemudian tambahkan daging buah durian yang sudah diblender tambahkan sedikit garam, aduk rata lalu sisihkan. Fungsi dari penggunaan garam di sini adalah agar rasa manis dari gula dan durian tidak terlalu enek ataupun datar, tetapi akan menjadikannya sedikit lebih gurih.

Sementara itu, buat adonan lainnya. Masukkan kuning telur ke dalam mangkuk taha panas. Letakkan dalam panci berisi air mendidih lalu kocok dengan mixer sampai mengembang dan berwarna pucat. Kemudian masukkan adonan pertamanya secara bertahap sambil terus diaduk hingga tercampur sempurna, lalu dinginkan.

Langkah berikutnya, kocok cream dalam baskom yang berisi es batu. Kocok dengan kecepatan tinggi sampai cream mengembang. Selanjutnya, tuangkan adonan yang telah didinginkan tadi ke dalam kocokan cream secara bertahap sambil diaduk hingga merata sempurna. Tutup adonan jadi ini dengan plastik wrap lalu simpan dalam freezer kurang lebih 3 jam. Dan es krim durian siap dihidangkan.

Demikian ulasan singkat tentang cara membuat es krim durian ala rumahan. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda: