Cara Membuat Es Krim Ubi Ungu

ResepKuliner.Info | Cara Membuat Es Krim Ubi Ungu - Ubi ungu merupakan bahan dasar yang cocok untuk beberapa olahan makanan. Warna ubi ungu sering digunakan sebagai warna alami pada beberapa makanan. Contohnya mie yang terbuat dari ubi ungu atau bakpao. Beberapa pengusaha kuliner memanfaatkan ubi ungu sebagai pewarna makanan karena ubi ungu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sehingga makanan yang dikonsumsi aman dan sehat untuk kita. Ubi ungu mengandung banyak vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin A dan prebiotic. Kandungan vitamin pada ubi membuat ubi berkhasiat sebagai obat untuk diabetes, asma, anti kanker dan penambah berat badan. Bagi anda yang tidak menyukai ubi ungu anda bisa mensiasatinya dengan cara lain yaitu dengan mengolah ubi menjadi es krim. 
Cara Membuat Es Krim Ubi Ungu
Cara Membuat Es Krim Ubi Ungu



Olahan es krim yang terbuat dari ubi ungu sangat enak dan banyak digemari pada saat ini. Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini kami akan membahas cara membuat es krim ubi ungu untuk anda.

Pembuatan es krim ubi ungu memerlukan bahan yang tidak jauh berbeda dengan es krim pada umumnya. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat es krim ubi ungu adalah 400 gram ubi ungu, 150 mililiter santan kental, 150 mililiter susu cair, 100 gram gula pasir, 250 mili whipping cream dan daun pandan. Anda juga bisa memberi tambahan toping seperti kacang almond atau potongan buah strawberry pada es krim.

Setelah semua bahan lengkap, langkah pertama untuk membuat es krim ubi ungu adalah kukus terlebih dahulu ubi ungu hingga empuk. Haluskan ubi yang telah dikukus tersebut. Kemudian rebus santan, gula, susu dan daun pandan hingga mendidih sambil diaduk hingga rata. Setelah itu angkat dan sisihkan daun panda yang telah direbus tadi. Kemudian masukan ubi yang telah dihaluskan ke dalam air rebusan santan sambil di aduk. Saring air santan tersebut dan masukan dalam lemari pendingin. Jika sudah dingin keluarkan kembali dan masukan whipping cream kedalam adonan dan kocok hingga kaku. Tuangkan semua adonan ke dalam loyang dan masukan ke dalam freezer hingga beku. Sehingga es krim ubi ungu siap untuk disajikan.

Membuat es krim yang lezat dan berkualitas tidak harus menggunakan bahan yang mahal. Hanya dengan bahan dasar ubi saja kita bisa membuat kuliner es krim yang nikmat. Oleh karena itu selamat mencoba cara membuat es krim ubi ungu diatas.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda: