Resep Sup Ikan Kakap Merah Khas Manado

ResepKuliner.Info - Resep Sup Ikan Kakap Merah Khas Manado | Masakan rumah paling banyak disukai adalah masakan sup. Coba, siapa yang tidak menyukai olahan makanan berupa sup? Karena selain menggoda selera, sup juga memiliki rasa dan tekstur yang sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia. Satu resep sup yang sangat terkenal di Indonesia adalah resep sup ikan kakap merah khas Manado. Dengan daerah yang penuh dengan rempah membuat orang di daerah Manado sering memasak sup ikan kakap yang kaya dengan rasa rempah khas daerah tersebut.
Resep Sup Ikan Kakap Merah Khas Manado
Resep Sup Ikan Kakap Merah Khas Manado
Sup ikan kakap dari daerah Manado ini sangat berciri khas Manado. Karena dalam pembuatannya, masyarakat Manado tidak menggunakan kunyit ataupun daun kunyit. Sup ikan kakap ini memiliki cita rasa yang asam namun segar. Untuk sekedar tips dalam membuat resep masakan sup ikan kakap ini anda harus memilih ikan kakap yang benar - benar segar dan masih bagus. Hal ini bertujuan agar rasa sup ikan kakap akan terasa manis dan daging ikan tetap terasa. Anda berminat memasaknya? Silakan baca tips memasak sup ikan kakap di bawah. Sebelum mulai memasak anda siapkan semua bahan sup ikan kakap yaitu ikan kakap itu sendiri sebanyak 2 ekor saja. Lalu siapkan juga perasan air jeruk nipis, garam secukupnya, air putih sebanyak 1 liter, dan daun kemangi. Dan untuk bumbu – bumbunya adalah bawang merah 4 siung, bawang putiih 3 siung, cabai merah sebanyak 3 buah, 20 cabai rawit, tomat yang masih hijau, lengkuas, serai sebanyak 2 batang, daun pandan 1 lembar, daun jeruk 3 lembar, merica, gula pasir, sedikit garam, dan jahe sebesar jari yang dimemarkan.

Untuk mengawalinya cuci bersih semua daging ikan kakap dan potong ikan tersebut sesuai selera anda. Olesi ikan kakap dengan perasan jeruk nipis dan garam. Ratakan dan diamkan hingga meresap. Lanjutkan dengan merebus air sampai mendidih. Lalu masukkan semua bumbu yang dihaluskan. Aduk rata dan biarkan mendidih. Ketika mulai mendidih masukkan juga daging ikan dan tunggu hingga sup matang. Setelah dirasa matang, angkat sup dan tuang ke dalam mangkuk. Terakhir, taburi sup dengan kemanggi dan bawang merah goreng.

Demikian tips masak sup ikan kakap merah khas dari daerah Manado. Mudah bukan? Selamat mencoba dan terima kasih.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda: