Cara Membuat Es Krim Coklat yang Nikmat

ResepKuliner.Info | Cara Membuat Es Krim Coklat yang Nikmat - Coklat adalah salah satu makanan ringan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Rasa manis khasnya cocok di lidah siapa saja. Meningkatnya konsumsi coklat, menjadikan berbagai kreasi coklat atau makanan turunan dari coklat banyak bermunculan. Sebut saja cake coklat, brownies, biskuit coklat, susu coklat, pasta coklat, minuman coklat panas, sampai pada es krim coklat. Anda pasti menjadi penyuka salah satunya atau bahkan semuanya. Apalagi es krim coklat, selain rasanya yaang enak, minuman yang satu ini juga sangat cocok untuk cuaca yang cenderung panas belakangan ini. Bagi anda yang berminat untuk membuatnya sendiri, ada cara mudah untk menciptakan minuman ini.
Cara Membuat Es Krim Coklat yang Nikmat
Cara Membuat Es Krim Coklat yang Nikmat
Berikut ini kami berikan informasinya tentang cara membuat es krim coklat yang nikmat.

Pertama-tama siapkan bahan-bahan pembuatan yang dibutuhkan. Diantaranya adalah 300 ml susu cair full cream, 250 gram dark cooking chocolate yang sudah dicincang kasar, 175 gram gula pasir, 30 gram coklat bubuk, 6 butir kuning telur, ½ sendok teh essense vanili, dan 600 ml krim kental atau whipped cream. Bila sudah, mari ke langkah pembuatannya. Pertama-tama panaskan terlebih dahulu susu cair dalam sebuah panci di atas api kecil. Tambahkan essense vanili untuk menguatkan aromanya. Kemudian ambil beberapa mili susu cair tadi untuk mengencerkan coklat bubuk. Bila sudah, masukkan lagi ke dalam panci. Coklat bubuk tidak langsung dimasukkan ke dalam panci, melainkan di larutkan dulu dengan susu yang sedang dimasak. Tujuannya adalah untuk menyamakan suhu coklat dengan susu yang sedang dimasak agar tidak menggumpal. Aduk terus menerus hingga mendidih, lalu angkat.

Sementara itu, kocok kuning telur dengan gula pasir dengan mixer, gunakan kecepatan tinggi selama kurang lebih 3 menit sampai mengental dan berwarna pucat. Tuang larutan susu dan coklat yang sudah mendidih tadi ke dalam kocokan kuning telur dan gula, dan aduk hingga merata. Lalu panaskan lagi dalam panci di atas api kecil kurang lebih 3 menit sampai adonan mengental.

Selanjutnya, masak krim kental dan dark cooking chocolate dalam panci dengan api kecil, aduk rata sampai coklat meleleh sempurna lalu angkat. Campur coklat masak ini dengan adonan sebelumnya, aduk hingga rata dan biarkan dingin. Bila sudah masukkan ke dalam freezer sampai membeku.

Itu tadi cara membuat es krim coklat yang nikmat. Untuk mendapatkan es krim yang lebih lembut, Anda bisa mengocok lagi es krim yang sudah jadi, alu dimasukkan kembali ke dalam freezer. Terimakasih, selamat mencoba.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda: