Resep Brownies Kukus Yang Menggugah Selera

ResepKuliner.Info - Dunia kuliner Indonesia memang kaya dengan kreasi-kreasi masakan. Mulai dari aneka macam kue, masakan, es dan banyak lagi. Sudah sejak dari dulu masyarakat banyak yang mengidolakan makanan yang terbuat dari coklat. Contoh dari makanan atau kue yang terbuat dari coklat adalah kue brownies. Kue dengan tekstur yang amat lembut dan terbuat dari coklat ini sangat digemari oleh banyak orang dan semua kalangan tentunya, dari anak-anak hingga lanjut usia. Cara membuat brownies ada 2 macam, yaitu dengan cara dikukus dan dioven. Karena dimana-mana mayoritas brownies dimasak dengan cara dioven, kini juga ada brownies yang proses pembuatannya adalah dengan cara dikukus, Nah, agar anda tidak penasaran bagaimana cara membuat brownies, kali ini akan kita bahas tentang apa resep brownies kukus serta bagaiman cara membuatnya.
resep brownies kukus
Resep brownies kukus
Langkah yang pertama adalah mengumbulkan alat serta bahan terlebih dahulu. Bahan yang perlu anda siapkan antara lain yaitu :
  1. Gula 230 gr
  2. Pasta coklat
  3. Coklat dark 100 gram
  4. Minyak goreng 180 ml
  5. Coklat bubuk 50 gr
  6. Tepung terigu 130 gr, sebelumnya harus diayak terlebih dahulu. Setelah diayak, segera campurkan dengan coklat bubuk tadi.
  7. Susu kental manis 80 ml.
  8. Emulsier 1 sendok teh.
  9. Telur 6 butir.
  10. Garam secukupnya.
Langkah pertama yang dilakukan adalah kocok telur, gula, garam serta pasta coklat dalam satu wadah hingga mengental dan kaku. Setelah itu, tambahkan campuran tepung terigu dan bubuk coklat ke dalam adonan dan aduklah hingga merata. 
Langkah selanjutnya ialah memasukkan coklat yang telah dicampur dengan minyak tadi ke dalam adonan, segera aduk sampai merata. Jika sudah, ambillah sepertiga dari adonan untuk ditambahkan susu kental manis. Sisihkan adonan ini. Siapkan loyang untuk mengukus, masukkan setengah dari adonan yang tidak diberi susu kental manis tadi ke dalam loyang lalu dikukus selama 10 menit, jika sudah masukkan adonan yang telah dicampur dengan susu kental manis tadi. Dan kukus lagi hingga 10 menit. Jika sudah 10 menit, masukkan lapisan terakhir yaitu adonan tanpa susu kental manis tadi. Kukuslah kue ini selama 20 menit agar tingkat kematangannya bisa pas. Jika sudah 20 menit, matikan kompor, brownies bisa segera dikeluarkan dari loyangnya dan siap untuk dihidangkan atau untuk dijual. Untuk mempermudah penyajiannya, brownies juga bisa dipotong-potong dulu sebelum dihidangkan.

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara membuat brownies kukus? Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau pula. Semoga artikel ini bermanfaat, dapat menambah wawasan anda dan selamat mencoba membuat brownies kukus sendiri di rumah. See you!

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Brownies Kukus Yang Menggugah Selera"

Posting Komentar