Resep Masakan Cumi Asam Manis Bikin Ngiler

ResepKuliner.Info - Kekayaan laut Indonesia sudah tidak dapat diragukan lagi, mulai dari rumput laut hingga ikan-ikan laut semua bermanfaat dan sangat berlimpah. Salah satu binatang laut yang menjadi idola sebagai bahan kuliner yang sangat terkenal adalah cumi-cumi. Binatang ini sangat populer di dunia kuliner karena kelezatannya. Kali ini kita akan membahas masakan yang terbuat dari cumi-cumi. Cumi-cumi sangat populer pada masakan orang China, Jepang dan Korea. Namun tidak kalah, di Indonesia sendiri binatang ini juga cukup populer di dunia kulinernya. Mari kita simak bersama-sama apa resep masakan cumi asam manis yang menjadi salah satu masakan idola di lidah orang Indonesia.

Cara membuat masakan ini pun terbilang cukup mudah dan semua orang bisa melalukannya. Yang terpenting adalah janganlah memasak cumi terlalu lama, karena tekstur dari daging cumi itu sendiri bisa berubah menjadi keras dan alot. Untuk membuat resep ini, pertama-tama tentu kita harus menyiapkan bahan serta bumbu. Bahan dan bumbu yang harus disiapkan antara lain yaitu:
Resep Masakan Cumi Asam Manis
Resep Masakan Cumi Asam Manis
  • Minyak untuk menumis atau bisa diganti dengan margarin sebanyak kira-kira 5 sendok makan.
  • Cumi-cumi sebanyak 800 gram.
  • Air perasan jeruk nipis sebanyak 2 sendok makan.
  • Serai sebanyak 3 batang.
  • Untuk bumbu yang perlu disiapkan : 11 siung bawang merah, cabai merah halus sebanyak 1 sendok makan, bawang bombay sebanyak 1 buah, 2 siung bawang putih, jahe 1 ruas saja, kecap manis, 1 buah tomat, serta saus pedas.
Sekarang kita mulai dengan membersihkan cumi-cumi. Buang tintanya lalu di potong kotak-kotak kecil atau sesuai selera. Cumi yang telah dibersihkan tadi segera direndam dala 2 sendok air perasan jeruk nipis. Biarkan sampai 15 menit, jika sudah segera dibilas dan ditiriskan.

Langkah selanjutnya adalah iris-iris bumbu seperti bawang merah, bawang putih, tomat, jahe serta bawang bombay. Panaskan minyak atau margarin dan tumis bumbu-bumbu yang telah dicincang tadi, tunggu hingga harum. Setelah tercium bau harum sedap. Segera masukkan kecap, saus, bubuk cabai serta serai. Aduk rata, lalu masukkan cumi yang tadi telah ditiriskan. Aduk kembali, jangan lupa untuk menambahkan penyedap rasa. Masak hingga cumi matang, jika sudah matikan kompor dan cumi asam manis sudah siap untuk dihidangkan.

Resep masakan cumi asam manis ini telah menjadi favorit banyak orang indonesia karena cita rasa yang sangat tinggi, apalagi bagi mereka yang tinggal di pesisir dan selalu bergelut dengan cumi-cumi tiap harinya. Bagaimana? Cukup mudah bukan cara memasak masakan cumi asam manis? Semoga artikel ini bermanfaat, dapat menambah wawasan anda dan selamat mencoba di rumah. See you.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Masakan Cumi Asam Manis Bikin Ngiler"

Posting Komentar