Resep Opor Ayam Empuk dan Nikmat Khas Indonesia

ResepKuliner.Info - Opor ayam adalah salah satu makanan favorit kuliner makanan karena kelezatan dan rasanya yang membuat seseorang ketagihan. Opor ayam selalu dihidangkan di acara yang spesial dan menjadi salah satu resep kesukaan semua orang. Apalagi ketika hari raya idul fitri hampir semua masyarakat dan para bunda menghidangkan opor ayam untuk menyambut hari suci yang paling spesial. Memang tidak bisa dipungkiri lagi opor ayam adalah masakan khas yang lezat dan nikmat untuk dihidangkan. Anda dapat melengkapi hari-hari anda dengan makanan yang nikmat seperti opor ayam dan untuk lebih nikmat anda dapat menambahkan lontong atau pun ketupat.

Bagi Anda yang ingin membuat opor ayam silahkan langsung mencoba membuat dirumah, kalau hanya melihat mungkin akan terasa sulit sebelum mencobanya. Ingin tahu resepnya? Disini saya akan memberikan resep bahan dan cara membuat opor ayam. 
Resep Opor Ayam Empuk dan Nikmat Khas Indonesia
Resep Opor Ayam Empuk dan Nikmat Khas Indonesia
Bahan 
  1. 1 ekor ayam kampung (sekitar 1 kg)
  2. 1 liter santan yang encer
  3. 500 ml santan kental
  4. 4 lembar daun jeruk
  5. 1 lembar daun kunyit
  6. 1 sendok lengkuas yang sudah dimemarkan
  7. 1 batang serai yang sudah dimemarkan
  8. 1 sachet royco
  9. Sedikit bawang merah goreng untuk taburan
Bumbu halus
  1. 3 siung bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 1 cm kencur
  4. 1 sendok teh lada
  5. 1 sendok teh ketumbar
  6. 5 butir kemiri
  7. Garam2 sendok teh
  8. Gua pasir 1 sendok teh
Cara memasak
  • Bersihkan Ayam hingga bersih, kemudian potonglah menjadi 10 bagian. Gorenglah dalam minyak panas hingga berwarna kekuning-kuningan. Setelah itu bisa anda angkat dan tiriskan.
  • Haluskan semua bumbu hingga halus. Kemudian panaskan kurang lebih 3 sendok makan minyak goreng. Tumis bumbu yang sudah anda haluskan tadi. Kemudian masukkan kayu manis, daun serai, daun salam dan lengkuas.
  • Setelah anda mencium keharuman aromanya, anda dapat memasukkan santan kemudian masukkan potongan ayamnya. Diamkan terus sampai santan mendidih hingga ayampun empuk.
  • Setelah matang, bisa anda angkat dari atas kompor, siap untuk disajikan bersama dengan ketupat ataupun lontong.
Itulah tadi sedikit Ulasan mengenai Resep Cara Membuat Opor Ayam Enak, Mudah Dan Empuk. Semoga dapat anda jadikan referensi dan bermanfaat buat anda semua. Hingga dapat membantu Anda dalam membuat dan menyajikan hidangan yang kaya gizi dan enak tanpa anda memerlukan kemampuan khusus tentang cara pembuatannya. Cara memasak atau membuat opor ayam sangat mudah kita temui, anda bisa memanfaatkan dunia internet untuk dapat menggali informasiyang anda butuhkan, bahkan tidak hanya cara membuat opor ayam, resep yang lain juga bisa anda temukan. Semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Opor Ayam Empuk dan Nikmat Khas Indonesia"

Posting Komentar