Resep Sup Ikan Tuna Khas Pontianak yang Menggugah Selera

Resep Sup Ikan Tuna Khas Pontianak | Masakan laut yang cukup sering dimasak di rumah – rumah di Indonesia adalah resep masakan sup. Dan ada satu resep sup ikan yang sangat menyehatkan. Nama resep tersebut adalah sup ikan tuna yang khas dari Pontianak. Dengan mengkonsumsi sup ikan tuna akan membantu tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar. Kandungan omega tiganya membuat tuna mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan otak. Sehingga sangat baik untuk menu makanan anak anda.

Resep Sup Ikan Tuna Khas Pontianak yang Menggugah Selera

Dengan mengolahnya menjadi sup, membuat selera makan pun bertambah. Menu sup ini sangat cocok bagi anda atau keluarga anda yang sedang mengalami sakit demam. Karena kombinasi kuah sup yang hangat dan potongan ikan tuna dapat membantu memulihkan kondisi tubuh yang lemah akibat tubuh yang diserang penyakit. Lalu, apa saja bahan pembuat sup ikan tuna dan bagaimana cara membuat sup ikan tuna? Berikut ini saya sajikan sup ikan tuna yang memiliki cita rasa khas dari daerah Pontianak. Sebagai persiapan awal anda perlu siapkan 500 gram ikan tuna segar, belimbing sayur sebanyak 8 biji, daun kemangi 1 ikat, tomat 2 buah, cabai rawit merah dan hijau sebanyak 10 buah, serai 1 batang, perasan air jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan, minyak untuk menumis, air sebanyak 1500 mililiter, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, jahe dan kunyit seukuran 2 centimeter, gula pasir dan garam secukupnya. Sebelum memulai memasak, potong ikan tuna menjadi 4 bagian dan bersihkan.

Setelah proses persiapan selesai mulailah mendidihkan air dalam panci besar. Sembari menunggu air mendidih, tumis semua bumbu halus dan serai hingga beraroma harum. Kemudian angkat dan masukkan tumisan bumbu ke dalam air mendidih. Lalu masukkan potongan ikan tuna, cabai rawit, blok kaldu dan irisan belimbing sayur. Aduk sebentar dan biarkan hingga matang. Tambahkan perasan jeruk nipis, irisan tomat dan masukkan daun kemangi. Setelah cukup matang, angkat sup dan sajikan di dalam mangkuk saji.

Mudah bukan? Semua takaran bumbu pada resep sup ikan tuna khas Pontianak di atas dapat anda sesuaikan sendiri sesuai selera anda. Semoga dapat memberi inspirasi memasak dan terima kasih.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda: