Cara Membuat Jus Jagung Susu

Cara Membuat Jus Jagung Susu | Jus jagung merupakan minuman khas daerah Labuhan Bajo Nusa Tenggara Timur. Sekilas saat anda mendengar jus jagung pasti terasa asing dan aneh bagi anda. Padahal minuman tersebut memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Tidak hanya itu saja, jagung juga memiliki banyak vitamin yaitu vitamin B2, B5, C dan vitamin D. Selain itu jagung juga memiliki asam folat, betakaroten, sumber kalium dan mampu mencegah anemia. Dengan segala manfaat jagung tersebut, menikmati kuliner dengan bahan olahan jagung adalah cara terbaik untuk memelihara kesehatan tubuh

Lalu bagaimana mengolah jagung menjadi jus yang lezat dan bergizi? Berikut ini kami akan membahas cara membuat jus jagung susu khas Labuhan Bajo Nusa Tenggara Timur.

Cara Membuat Jus Jagung Susu
  • Siapkan segala bahan yang diperlukan untuk membuat jus jagung susu. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah 2 buah jagung manis, 1 sendok makan gula pasir, ½ cangkir susu kental manis, air soda secukupnya dan es batu. Inilah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus jagung susu. Anda bisa mendapatkan bahan tersebut di supermarket terdekat.
  • Setelah semua bahan lengkap, cara pertama untuk membuat jus jagung adalah cuci sampai bersih jagung terlebih dahulu. Kemudian rebus jagung hingga jagung agak lunak, kemudian angkat dan tiriskan. Tunggu jagung hingga dingin kemudian kupas jagung dan ambil biji jagungnya saja. Setelah semua biji jagung terkumpul masukan biji dalam blender dan haluskan sampai benar-benar halus. Kemudian masukan gula pasir dan susu kental manis ke dalam blender yang berisi jagung tadi. Blender kembali semua bahan hingga halus dan tercampur rata. Saring jus jagung agar ampas tidak menepel pada minuman. Setelah itu masukan jus jagung kedalam gelas dan tambahkan air soda dan es batu. Jika jus jagung terlihat sangat kental, kita bisa mensiasatinya dengan menambahkansedikit air atau es batu.
Demikian cara membuat jus jagung susu khas Labuhan Bajo. Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita tidak harus selalu mengkonsumsi sesuatu yang terbuat dari bahan kimia. Dengan mengkonsumsi jus buah dan sayur setiap hari, kesehatan tubuh akan lebih terjaga. Oleh karena itu sering-seringlah mengkonsumsi jus buah dan sayur.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda: