Resep Sate Telur Puyuh Bumbu Rempah

Resep Sate Telur Puyuh Bumbu Rempah | Telur puyuh yang berbentuk kecil ini merupakan salah satu makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak-enak. Salah satunya berbentuk sate. Sate telur puyuh ini pun akan berbeda dengan sate telur puyuh yang lainnya. Sate telur puyuh seperti apa yang akan dibagikan resepnya kali ini? Sekarang, saya perkenalkan resep sate telur puyuh bumbu rempah yang akan menambah kreasi Anda dalam memasak telur puyuh. Bahan-bahan dan cara membuatnya adalah sebagi berikut :

Resep Sate Telur Puyuh Bumbu Rempah
  1. Bahan-bahan yang harus disiapkan : Bahan-bahan ini saya siapkan ini hanya untuk 8 tusuk sate. Tiap tusuknya ada 4 telur puyuh. Berarti saya mencontohkan dengan menggunakan 32 butir telur puyuh yang telah direbus. Lalu, siapkan 250 ml santan dari ½ butir kelapa. Kemudian siapkan ¼ sendok teh kayu manis bubuk. Sesudah itu, sediakan 1 sendok teh air asam Jawa yang berasal dari 1 sendok teh asam Jawa yang dilarutkan dalam 1 sendok makan air yang kemudian dilarutkan. Setelah itu, sediakan cukup 1 sendok teh garam dan ½ sendok teh gula pasir. Jangan lupa 8 tusuk sate harus tersedia.
  2. Bahan untuk bumbu halus & saus : Sedangkan untuk bumbu halus, pertama siapkan 4 butir bawang merah dan 1 siung bawang putih. Kemudian cukup 1 cm kunyit yang telah dibakar. Lalu, sediakan masing-masing 1 cm jahe dan lengkuas. Terakhir, 1 sendok teh ketumbar bubuk dan ¼ sendok teh jintan bubuk. Sausnya, siapkan 125 gram kacang tanah yang telah dikupas dan digoreng, masing-masing 2 buah cabai merah keriting dan cabai merah besar, 1 sendok teh garam, 3,5 sendok the gula merah, 2 sendok teh air asam Jawa dari 1 sendok teh asam Jawa yang sudah dilarutkan dalam 1 sendok makan air, dan yang terakhir 250 ml air.
  3. Cara membuatnya : Pertama-tama rebuslah bumbu halusnya bersama santan, garam, air asam Jawa, dan gula sampai mendidih. Lalu masukkan telur dan aduk sampai meresap dan matang. Sesudah itu tusuk-tusuk telur puyuh tersebut ke tusuk sate yang sudah disiapkan tadi. Bakar satenya dengan sisa bumbu sampai harum dan matang. Lalu, rebuslah cabai, kacang, air, garam, dan gula merah hingga mendidih. Kemudian tambah air asam dan aduk rata. Setelah itu masak sampai matang dan kental.
  4. Tips masakan : Pastikan sausnya cukup untuk porsi yang Anda sediakan.
Demikian resep sate telur bumbu rempah yang dapat saya berikan. Nikmati sate telur puyuhnya bersama dengan saus yang telah Anda buat. Nikmatnya rasa sate ini dengan sausnya akan menambah selera makan.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda: