Resep Spesial Untuk Membuat Sambal Lingkung

Resep Spesial Untuk Membuat Sambal Lingkung | Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan resep spesial untuk membuat Sambal Lingkung yang mudah dan praktis. Sambal ini berasal dari Sumatera Selatan. Apabila anda sama sekali belum pernah mendengar nama Sambal Lingkung, maka anda akan terkejut apabila sambal ini tidak sama seperti yang anda bayangkan sebelumnya. Namanya juga sambal, tentu saja sangat identik dengan yang namanya cabe. Namun, Sambal Lingkung ini sangat berbeda dengan sambal yang lainnya. Lalu, bahan apa saja yang di gunakan dalam pembuatan Sambal Lingkung ini ?

Resep Spesial Untuk Membuat Sambal Lingkung

Bahan yang di gunakan untuk membuat Sambal Lingkung ini adalah daging ikan gabus sebanyak 150 gram, setengah butir buah kelapa yang sudah di parut, dan santan sebanyak 200 ml. Untuk bumbu halusnya adalah 7 buah cabe merah, 4 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, setengah sendok teh jinten, 2 batang serai yang sudah di memarkan, 3 cm lengkuas, 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, dan setengah sendok teh garam.

Cara membuat Sambal Lingkung ini adalah haluskan daging ikan gabus dan sisihkanlah. Lalu sangrai kelapa parut hingga berwarna kecoklatan dan angkatlah. Kemudian sisihkan dan masaklah santan bersama dengan bumbu yang sudah di haluskan, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, serta garam. Selanjutnya, masak hingga mendidih dan masukkanlah buah kelapa yang sudah di sangrai serta daging ikan gabus yang sudah di haluskan. Setelah itu, masak hingga santan tersebut mengering dan angkatlah. Untuk selanjutnya, Sambal Lingkung ini sudah siap untuk di hidangkan.

Ternyata sangat mudah bukan untuk membuat Sambal Lingkung ini? rasanya yang sangat nikmat dan akan semakin lebih mantap lagi jika sambal ini di santap bersama dengan nasi. Demikianlah resep spesial untuk membuat Sambal Lingkung yang mudah dan praktis ini yang dapat saya bagikan sebagai resep menu masakan daerah Sumatera Selatan. Selamat memasak. Terima kasih.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda: