Resep Pepes Tahu Special

Resep Pepes Tahu – Tentu semua masyarakat indonesia kenal betul dengan bahan makanan yang satu ini yaitu tahu. Selain harganya yang memang murah dan dapat dengan mudah dijumpai, tahu ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. makanan yang terbuat dari kedelai ini memang memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi, sehingga tak heran jika makanan ini sangat cocok bagi mereka yang menjalankan program diet dan vegetarian.

Biasanya tahu hanya diolah dengan cara digoreng atau dibuat sayur lombok, jika anda bosan dengan tahu yang hanya diolah dengan cara itu, maka tak ada salahnya jika anda mencoba mengolahnya dengan resep yang lain. Jika anda tertarik mencoba resep lain, maka kami akan memberikan variasi makanan tahu dengan resep yang lain yaitu resep pepes tahu. ( Saran Resep Lainnya: Resep Pastel )
Resep Pepes Tahu
Resep Pepes Tahu
Bahan utama 
  • 500 gram tahu putih atau tahu kuning
  • 1 batang daun bawang
  • Daun salam beberapa lembar menurut selera
  • Daun pisang secukupnya sebagai bahan pembungkus pepes
Bumbu-bumbu 
  • 1 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Cabai rawit atau cabai merah sesuai dengan selera
  • Garam dan gula secukupnya
Proses membuat resep pepes tahu: 
  1. Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menghancurkan tahu tersebut hingga halus.
  2. Selanjutnya cuci daun bawang ini kemudian cincang batang daun bawang tersebut kecil-kecil.
  3. Kemudian, semua bumbu seperti bawang merah dan bawang putih yang sebelumnya telah dikupas dan dicuci bersih tersebut dihaluskan. Jangan lupa juga untuk menambahkan gula dan garam secukupnya.
  4. Langkah yang selanjutnya, bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tersebut campurkan ke dalam tahu yang sebelumnya juga telah dihaluskan dan aduk hingga rata. Jangan lupa juga untuk menambahkan daun bawang yang juga telah dicincang, dan aduk lagi hingga rata.
  5. Ambil beberapa adonan tahu yang telah tercampur rata tersebut, dan letakkan di atas ke dalam daun pisang yang telah dibersihkan, dan masukkan juga satu lembar daun salam untuk setiap masing-masing bungkusan pepes.
  6. Setelah proses pembungkusan selesai, kukus bungkusan pepes tahu tadi ke dalam api berukuran sedang yang awalnya telah dipanaskan terlebih dahulu.
  7. Setelah proses pengukusan berlangsung kurang lebih 20 hingga 30 menit, maka kukusan telah matang dan siap untuk dihidangkan. Akan lebih nikmat jika pepes tahu tersebut dihidangkan dalam keadaan hangat dan menggunakan nasi yang hangat pula.
Resep pepes tahu yang kami sajikan diatas, merupakan salah satu alternatif pengolahan makanan tahu yang cukup simpel dan mudah dilakukan di rumah. Dan tentunya masih banyak lagi cara mengolah tahu lainnya yang dapat anda lakukan.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Pepes Tahu Special"

Posting Komentar