Resep Praktis Membuat Bika Ambon Spesial

Resep Bika Ambon – Jika dilihat dari namanya tak heran jika kue yang satu ini dikira berasal dari kota Ambon, padahal sebenarnya kue ini aslinya berasal dari medan. Kua yang satu ini memang memiliki tekstur yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kue yang lainnya. Untuk kue bika ambon sendiri memiliki ciri khas tekstur yang berongga-rongga seolah seperti sarang rumah tawon. Untuk membuat kue bika ambon ini juga banyak yang mengeluh agak begitu sulit, khususnya ketika membentuk tekstur berongga-rongga, karena pada hasil akhirnya biasanya seringkali bantet. Dan tentu hal tersebut akan mengurangi kelezatannya.
Resep Bika Ambon Spesial
Resep Praktis Membuat Bika Ambon Spesial
Berikut ini akan diberikan resep bika ambon yang disertai dengan tips rahasia agar hasil akhirnya bagus, mengembang dan tidak bantet. Cobalah Resep Donat JCO Enak dan Empuk sebagai tambahan referensi masakan Anda.

Bahan-bahan 
  1. 300 gram tepung sagu
  2. 100 gram tepung terigu
  3. 200 ml air kelapa
  4. 11 gram ragi instant
  5. 600 ml santan. Gunakan santan asli dan ambil yang kental saja agar rasanya lebih legit.
  6. 15 butir kecil telur ayam dan ambil kuning telurnya saja
  7. 1 sendok teh vanili dan garam
  8. 450 gram gula pasir putih
  9. Garam
Cara membuat Bika Ambon Spesial
  1. Ambil wadah yang memiliki ukuran sedang kemudian campurkan 100 gr tepung terigu dan ragi instan dan aduk merata hingga sempurna
  2. Masukkan perlahan dan sedikit demi sedikit 200 ml air kelapa segar kedalam adonan dan aduklah pelan-pelan. Pastikan juga ketiga bahan tersebut tercampur secara sempurna dan tidak ada satupun gumpalan tepung dalam adonan. Kemudian diamkan adonan tersebut beberapa saat sekitar 14 hingga 16 menit.
  3. Ambilah sebuah wadah lagi yang ukurannya lebih besar, masukkan 400 gr gula pasir , 1 sendok garam serta vanili dan campur semua bahan tersebut hingga merata menggunakan spatula dan masukkan secara perlahan-lahan dan satu persatu. saat diaduk masukkan juga kuning telur ayam dan aduk hingga semuanya tercampur.
  4. Setelah adonan pertama didiamkan 14 menit, campurkan bahan pertama ke adonan kedua dan terus diaduk, jangan lupa tambahkan pula 300 gr tepung sagu dan 600 ml santan sedikit demi sedikit. Setelah semuanya tercampur diamkan adonan kurang lebih 2 jam agar hasil bika ambon nantinya tidak bantet dan dapat berongga.
  5. Siapkan oven yang telah dipanaskan serta loyang yang pinggirnya telah diolesi minyak atau margarin agar adonan nantinya tidak lengket. Dan tuangkan adonan kedalam loyang namun jangan diaduk lagi kemudian masukkan kedalam oven kurang lebih 7 -13 menit hingga warnanya berubah kuning kecoklatan.
  6. Angkat dan pisahkan dari cetakan loyang. Bika ambon siap untuk dihidangkan selagi hangat maupun sudah dingin.
Tambahan: Untuk menambah cita rasa resep bika ambon ini, anda juga bisa menambahkan parutan keju diatasnya dan juga kedalam adonannya. Anda tertarik untuk mencoba resep Bika Ambon diatas? Jika silahkan langsung menuju kedapur dan siapkan peralatan tempurnya. Semoga bermamfaat.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Praktis Membuat Bika Ambon Spesial"

Posting Komentar