Sajian Istimewa Kue Putu Ayu

Resep putu ayu - Kue yang satu ini memang sangat familiar dikalangan masyarakat. Putu ayu juga biasa disebut dengan putri ayu. Dari tampilan luarnya memang kue ini terlihat menarik, untuk itu maka dikenal lah dengan sebutan putu ayu. Kue ini adalah salah satu kue yang biasa dijual dipasaran, sehingga sangatlah populer bagi masyarakat. putu ayu memiliki rasa yang sangat legit dan memiliki tekstur yang sangat lembut.
Nah bagi anda yang penasaran dan ingin merasakan kue ini bisa membelinya dipasar, atau jika ingin membuatnya sendiri dirumah maka kita akan memberikan resep mudah untuk anda. Dan berikut adalah ulasan dari cara membuat kue putu ayu.
 
Resep Putu Ayu
Sajian Istimewa Kue Putu Ayu

Bahan- bahan yang dibutuhkan:
  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 200 gr
  • Tepung terigu 150 gr
  • Santan 200 ml
  • Kelapa muda yang diparut 100 gr
  • Garam 
  • Pewarna hijau atau sari daun pandan yang disaring dan ambil airnya
Cara membuat kue putu ayu: 
  1. Langkah pertama adalah, anda harus mengocok telur terlebih dahulu, bersama dengan gula pasir sampai mengembang.
  2. Selanjutnya masukkan terigu dan tuangkan santan kedalam adonan sedikit demi sedikit sembari terus dikocok kemudian tambahkan garam dan pewarna hijau (sari daun pandan lebih bagus), kocok terus sampai semua tercampur rata.
  3. Siapkan cetakan kue putu ayu, kemudian olesi cetakan dengan sedikit minyak atau margarin agar kue tidak lengket saat diangkat. 
  4. Selanjutnya taruh parutan kelapa secukupnya kedalam cetakan disusul dengan memasukkan adonan kue. Disarankan untuk tidak mengisi penuh cetakan dengan adonan agar kue tidak meluber keluar ketika sudah mengembang dan matang
  5. Sementara menyiapkan adonan kedalam cetakan silahkan siapkan juga panci atau dandang untuk mengukus. Isi air secukupnya kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu baru masukkan cetakan kue putu ayu yang sudah berisi adonan dan kukus hingga matang.
  6. Jika kue terlihat sudah mengembang dengan sempurna, itu menandakan kue putu ayu kreasi anda sudah matang. Silahkan angkat dan sajikan ketika kue sudah agak dingin.
Kue putu ayu yang sudah siap untuk disantap ini bisa anda sajikan saat bersantai dengan keluarga dirumah. Sajian istimewa ini tentu bisa membuat kedekatan anda bersama keluarga tercinta. Selain anda bisa menghemat biaya untuk membeli kue putu ayu dipasaran, lebih aman jika kita membuatnya sendiri dirumah. Kue putu ayu ini juga biasa digunakan untuk sajian-sajian spesial. Seperti untuk acara arisan, acara pengajian dan yang lainnya.

Putu ayu merupakan kue yang banyak digemari berbagai kalangan, hal ini dikarenakan kue putu ayu menawarkan rasa yang sangat khas dan berbeda dari yang lain. Sehingga banyak sekali yang menyukainya. Itulah ulasan terkait dengan cara membuat ku putu ayu, semoga bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua dalam memberikan sajian istimewa untuk keluarga. Resep kue putu ayu yang sangat mudah untuk dibuat bisa anda coba sendiri dirumah.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Sajian Istimewa Kue Putu Ayu "

Posting Komentar