Resep Gado-Gado Special Ala Resto

Resep Gado-Gado – Untuk masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa nama makanan gado-gado pastinya telah melegenda. Tentu telah banyak orang yang tahu jika makanan ini merupakan makanan yang cukup sehat karena mengandung berbagai macam jenis sayuran dan saus kacang yang lezat. Jika kita melihat dari asal katanya saja, akan terlihat bahwa makanan ini berasal dari beragam bahan yang diaduk aduk menjadi satu. Bahan beragam tersebut bisa berupa berbagai jenis sayuran seperti bayam, kangkung, kol, kobis, buncis, wortel, taoge, kentang, kacang panjang, serta tambahan yang lain seperti irisan tahu dan tempe, telur rebus, krupuk dan lainnya yang pada akhirnya akan diguyur dengan saus sambal kacang yang mantap. Di negara kita, gado-gado memiliki banyak sekali macamnya seperti gado-gado jawa, gado-gado betawi, gado-gado bali dan lain sebagainya.
Resep Gado-Gado Special Ala Resto
Resep Gado-Gado Special Ala Resto
Tentu jika ingin makan gado-gado tak perlu harus membelinya, karena sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Berikut ini adalah salah satu contoh resep gado-gado yang dapat anda coba.

Bahan-bahan 
  1. Beragam jenis sayur-sayuran seperti bayam, tauge, kacang panjang, daun selada, pare, sayuran kol dan jenis sayuran lainnya sesuai dengan selera anda.
  2. Tahu
  3. Tempe
  4. Telur rebus
Bahan untuk saus kacang 
  1. Kacang tanah
  2. Bawang putih
  3. Bawang merah
  4. Cabai rawit
  5. Air asam jawa
  6. Daun jeruk purut
  7. Gula merah
  8. Garam
  9. Air matang
  10. Minyak goreng
Bahan pelengkap 
  1. Kerupuk
  2. Emping goreng
  3. Bawang goreng
Cara membuatnya: 
  • Yang pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencuci semua sayuran yang akan digunakan sebagai bahan, potong kasar kemudian rebus semua sayuran tersebut. Setelah dirasa agak lembek dan empuk, maka sayuran dapat diangkat dan ditiriskan.
  • Potong kecil-kecil tempe dan tahu, sedangkan untuk telurnya, anda dapat merebusnya terlebih dahulu dalu setelah matang anda dapat memotongnya sesuai dengan selera bisa ½ atau ¼ bagian.
  • Membuat saus kacang
  1. Untuk membuat saus kacangnya pertama-tama siapkan bahan dan bumbunya. Selanjutnya panaskan minyak ke dalam wajan dan goreng kacang hingga berwarna kecoklatan.
  2. Setelah kacang matang, tumbuk kacang tersebut bersamaan dengan bumbu-bumbunya seperti cabai rawit (ambil sesuai dengan selera), air asam jawa, daun jeruk purut, garam, bawang merah, gula jawa dan bawang putih.
  3. Setelah lembut, tambahkan sedikit air agar saus kacang tersebut sedikit lebih encer.
  • Setelah sayuran dan saus kacang selesai dibuat, maka siapkan piring dan letakkan sayuran beserta irisan tahu tempe serta telur rebus di atas piring, selajutnya siram dengan saus kacang yang telah anda buat.
  • Biar lebih istimewa, taburkan juga bawang merah dan kerupuk atau emping goreng diatasnya.
Itulah resep gado gado yang dapat anda coba sendiri dirumah. (Baca juga: Resep Perkedel Kentang Gurih dan Renyah)

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Gado-Gado Special Ala Resto"

Posting Komentar