Resep Berbagai Sambal Khas Indonesia

Resep Berbagai Sambal Khas Indonesia - Sambal menjadi sebuah faktor penting untuk orang indonesia dalam menyantap hidangannya. Selain berbeda beda suku dan budaya, Indonesia juga memiliki berbeda beda sambal yang tersebar di seluruh nusantara. Berikut adalah beberapa resep sambal khas nusantara yang bisa anda sajikan sebagai pelengkap hidangan anda bersama keluarga apalagi sebentar lagi mulai memasuki bulan ramadhan.
 
Jangan sungkan untuk mencoba resep yang Admin bagikan sebelumnya yaitu Puding Jagung Manis


Sambal Kecap (Jawa)

Bahan: Bawang merah, cabe rawit, tomat, kecap manis Cara: Potong kecil kecil cabe rawit, tambahkan kecap dan sedikit tekan tekan cabenya. Tambahkan potongan bawang merah dan juga tomat, aduk hingga merata.

Sambal Bawang (Jawa)

Bahan: Cabe merah, bawang merah, minyak goreng untuk menumis Cara: Siapkan semua bahan, ulek cabenya. Potong bawang merah tipis. Masukkan kedalam ulekan kemudian ulek lagi hingga tercampur semua. Tambahkan sedikit gula dan garam, kemudian tumis dengan api sedang hingga harum.

Sambal Mangga / Racak Mangga (Bugis)

Bahan: Mangga muda, cabe rawit, kemiri, bawang merah, garam, udang ebi/ penyedap rasa terasi Cara. Parut mangga yang sudah dikupas, peras, bersihkan dengan air matang, peras kembali. Goreng bawang merah hingga lunak. Ulek bawang merah dengan bahan lainnya, kemudian campurkan parutan mangga dan udang ebinya.

Sambal Udang Belimbing Wuluh / Cicah Udeung (Aceh)

Bahan: Udang ebi atau udang kecil (bersihkan), bawang merah dan putih, cabe rawit, belimbing wuluh, minyak zaitun / minyak sayur, air jeruk nipis, garam Cara: Rebus udang dengan air dicampur dengan perasan jeruk nipis, garam, minyak zaitun hingga matang. Ulek rawit dengan bawang putih, tambahkan sedikit garam. Tambahkan ulekan dengan bawang merah dan belimbing wulih. Ulek hingga agak halus. Tambahkan udang dan ulek lagi hingga merata dan halus.

Sambel Matah

Bahan: Serai, bawang merah cabe rawit, minyak, gula, garam, air jeruk nipis. Cara: Potong serai putiihnya, bawang merah, caber rawit tipis tipis. Siapkan wadah, campur semua bahan yang sudah diiris kemudian tambahkan garam dan gula. Panaskan minyak goreng, goreng adonan hingga layu dan harum.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Berbagai Sambal Khas Indonesia"

Posting Komentar