Resep Kue Bolu Kukus Empuk dan Nikmat

ResepKuliner.Info | Resep Kue Bolu Kukus – Kue bolu adalah salah satu jajanan yang sangat mudah kita jumpai. Selain memiliki rasa yang lezat, cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Hal ini tidak terlepas dari bahan yang digunakan. Pada umumnya, jenis kue yang satu ini banyak disediakan di berbagai acara seperti lebaran, pernikahan, dan acara penting lainnya. Kue bolu itu sendiri ada yang dibuat dengan cara di oven atau dipanggang dan dengan cara dikukus. Sebenarnya proses membuat kue bolu hampir sama dengan pembuatan kue bolu yang lain. Perbedaannya yakni terletak pada komposisi air yang digunakan untuk adonan. Kue bolu kukus memerlukan lebih banyak air bila dibanding dengan kue bolu biasa, ini bertujuan agar kue bolu kukus dapat mekar.

Berikut bahan-bahan resep kue Bolu Kukus empuk dan nikmat:
Resep Kue Bolu Kukus Empuk dan Nikmat
Resep Kue Bolu Kukus Empuk dan Nikmat

  • Telur ayam 2 butir
  • 200 gram gula pasir
  • Minuman bersoda tawar 225 ml
  • Tepung terigu dengan protein sedang 175 gr
  • Setengah sendok kecil baking powder
  • 2 sendok kecil emulsifier
  • Setegah sendok kecil vanili
  • Pewarna makanan sesuai selera
Cara membuat kue bolu kukus: 
  1. Pertama, campur bahan seperti telur, gula pasir, dan emulsifier. Lalu kocok sampai semuanya kaku sekitar 10 menit.
  2. Saring baking powder dan tepung terigu secara bergantian, kemudian campurkan dengan minuman bersoda dan kocok secara perlahan. Tahap selanjutnya tambahkan esens vanili, kemudian aduk sampai semuanya benar-benar rata.
  3. Supaya kue bolu kukus terlihat lebih menarik, ambil sekitar 50 gr adonan kemudian tambahkan pewarna, aduk sampai rata. Kemudian ambil lagi 50 gr adonan, lalu beri pewarna makanan dengan warna yang berbeda dengan adonan tadi. Sisakan adonan serta biarkan berwarna putih.
  4. Masukkan adonan yang berwarna putih di cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi dengan kertas kue. Beri variasi dengan cara menambahkan adonan yang berwarna tadi di bagian atas.
  5. Kemudian kukus kurang lebih 10 menit dengan api yang besar.
Tips agar kue bolu kukus dapat mengembang dengan sempurna: 
  1. Sebaiknya, setiap membuat adonan pakailah air soda yang baru di beli. Hal ini bertujuan agar hasilnya lebih maksimal.
  2. Pakailah mixer yang mempunyai kecepatan tinggi pada saat mengocok adonan sekitar 15 menit. Usahakan agar adonan betul-betul mengembang.
  3. Gunakan cetakan dengan bahan aluminium yang memiliki lubang. Sebab bahan aluminium dapat membuat panas secara merata ke dalam adonan sehingga hasil kue bolu akan mekar.
  4. Pastikan agar adonan sejajar dengan tinggi cetakan. Sebab jika tidak sejajar dapat mengakibatkan kue bolu tidak mengembang.
  5. Panci pengukus terlebih dahulu dipanaskan sampai air didalam panci mendidih.
Itulah resep kue Bolu Kukus yang lembut dan nikmat. Sedikit tambahan, selain menggunakan pewarna untuk mempercantik kue bolu kukus, Anda juga bisa menggunakan pewarna alami dari sari pandan. Warna hijau dan aroma pandan yang khas akan semakin membangkitkan selera.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Kue Bolu Kukus Empuk dan Nikmat"

Posting Komentar