Resep Tekwan Super Lezat Khas Palembang

ResepKuliner.Info | Resep Tekwan - Makanan khas kota Palembang selain Mpek-mpek yang cukup tersohor akan kenikmatannya adalah Tekwan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat Tekwan adalah ikan dan sagu, kemudian dibentuk dalam ukuran kecil dan bulat hampir mirip dengan pentol bakso. Jenis makanan ini disajikan dengan kuah udang yang diberi ebi atau bubuk udang halus dengan rasa yang sangat khas. Kebanyakan pelengkap Tekwan adalah bihun, jamur kuping, irisan daun bawang, dan irisan bengkoang.

Saat ini tidak hanya orang Palembang yang dapat membuat Tekwan, Anda yang baru belajar memasak kemarin juga dapat membuatnya dengan mudah dan simple. Pada umumnya Tekwan dibuat dengan bahan dasar ikan tenggiri, meskipun sebenarnya terdapat berbagai macam jenis bahan dasar yang bisa dipakai untuk membuat tekwan seperti udang, ikan tuna atau ikan tongkol. Hal penting yang perlu diketahui yaitu ciri khas dari Tekwan Palembang selalu menggunakan bahan dasar ikan tengiri bukan jenis ikan lainnya. Ciri khas lain dari Tekwan adalah memakai tepung sagu sehingga teksturnya menjadi empuk dan kenyal. Di kota Palembang itu sendiri, banyak ditemukan tekwan yang dijajakan di pinggir jalan sebab ikannya sangat berlimpah. Di kota-kota besar selain di Palembang juga banyak kita jumpai makanan Tekwan, terutama di wilayah pulau Jawa.

Berikut Resep Tekwan khas kota Palembang yang sangat enak, yaitu:
Resep Tekwan Super Lezat Khas Palembang
Resep Tekwan Super Lezat Khas Palembang
Bahan untuk membuat Tekwan:
  1. Ikan tenggiri 1 kg, bersihkan dan keruk dagingnya (buang kulit dan tulang)
  2. Tepung sagu 400 gr
  3. Air es 300 ml
  4. Penyedap rasa (royco) secukupnya
  5. Garam secukupnya
  6. Telur 3 butih, ambil putihnya saja
Bahan untuk membuat kaldu/kuah Tekwan khas Palembang:
  1. Bawang putih 6 siung (dihaluskan)
  2. Bawang merah 4 siung (dihaluskan)
  3. Udang kering 50 gr (disangrai lalu haluskan)
  4. Saus pempek 50 ml
  5. Garam secukupnya
  6. Gula pasir 1/3 sendok teh
  7. Penyedap rasa 1 sendok teh
  8. Kecap asin 1 sendok makan
  9. Tongcai 25 gr
  10. Kaldu bubuk instan rasa ayam 1 sendok teh
  11. Air bersih secukupnya.
  12. Irisan daun bawang
  13. Bawang goreng secukupnya
  14. Jamur kuping hitam 120 gr (rendam/cuci)
  15. Bunga sedap malam 180 gr (rendam/cuci)
  16. Bengkuang 380 gr (iris tipis-tipis atau potong sesuai selera)
  17. Udang 0,5 kg
  18. Merica 1/4 sendok teh
  19. 2 sendok makan margarine (untuk menumis)
Cara membuat kaldu/kuah Tekwan khas Palembang: 
  • Nyalakan kompor dan siapkan kuali atau panci ukuran sedang
  • Tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan menggunakan minyak margarin sampai harum.
  • Masukkan udang, aduk sesekali sampai udang berubah warna. Setelah itu masukkan udang kering, garam, saus pempek, gula pasir, tongcai, kecap asin, penyedap rasa, kaldu bubuk instan rasa ayam, merica bubuk aduk-aduk sampai merata.
  • Masukkan jamur kuping hitam, bengkuang serta bunga sedap malam.
  • Tuang air bersih secukupnya kemudian rebus sampai mendidih, aduk-aduk sampai semua bahan matang.
  • Taburkan bawang goreng dan irisan daun bawang.
  • Kecilkan api dan biarkan tetap menyala agar kaldu tetap panas, hal ini bertujuan untuk menjaga rasa Tekwan tetap nikmat saat disajikan.
Cara membuat Tekwan enak khas Palembang: 
  1. Aduk daging ikan tenggiri bersama dengan sebagian air es dan putih telur. Anda boleh menggunakan tangan atau mixer. Aduk hingga halus dan merata selama 3 s/d 5 menit. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa (royco) dan garam. Aduk terus sampai semua bahan tercampur rata, jika adonan terlihat terlalu lengket dan padat tuangkan sisa air es sambil terus diaduk.
  2. Tuangkan tepung sagu sedikit demi sedikit sembari terus diaduk sampai benar-benar merata.
  3. Ambil adonan sedikit-sedikit kemudian bentuk menjadi bulat-bulat menyerupai bakso. Mengenai ukuran bulatan silahkan Anda sesuaikan dengan selera.
  4. Setelah semua adonan terbentuk bulat-bulat seperti bakso, silahkan rebus dengan air mendidih sampai matang. Untuk mengetahui Tekwan kreasi Anda sudah matang atau belum cukup dengan melihatnya mengapung. Selanjutnya silahkan angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan Tekwan dengan mangkuk cantik, tambahkan kaldu/kuah Tekwan bersama isi kaldunya.
  6. Tekwan lezat kreasi Anda siap untuk disantap. Bagi Anda yang punya selera pedas, menambahkan sambal adalah solusinya.
  7. Tekwan juga nikmat disantap bersama nasi putih dan ditambahkan mie soun. Jika Anda ingin menambahkan mie soun, Anda tinggal merebus mie soun kedalam kaldu atau langsung dalam mangkok.
Itulah Resep Tekwan Super Lezat Khas Palembang, jika resep masakan nusantara yang satu ini menarik menurut Anda, silahkan di share kepada teman dan kerabat Anda agar semua orang merasakan nikmatnya kuliner khas Sumatera Selatan ini.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Tekwan Super Lezat Khas Palembang"

Posting Komentar