Resep Nastar Keju Empuk dan Renyah

ResepKuliner.Info | Resep nastar keju – Sebagian besar ibu-ibu pasti sudah tidak asing lagi dengan resep kue kering yang lembut dan renyah, terutama ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Salah satu camilan yang sangat disukai mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa yaitu kue nastar dengan rasa keju dan selai nanas di dalamnya. Kue nastar merupakan hidangan yang selalu hadir pada saat lebaran dan banyak dijajakan di toko kue. Apabila Anda tidak ingin ribet, Anda dapat langsung pergi ke toko atau swalayan terdekat untuk membeli kue nastar keju ini.

Akan tetapi, daripada menunggu lebaran tiba akan lebih baik jika Anda membuat sendiri di rumah. Kue jenis ini sangat legendaris karena kue nastar merupakan salah satu kue kering yang selalu ada disaat lebaran. Hampir semua rumah selalu menyediakan kue tersebut. Kue nastar merupakan nama sebuah kue yang berasal dari bahan nanas dan tart yang disingkat menjadi nastar. Kue ini memiliki bentuk bulat dengan warna kuning yang ditambah dengan parutan keju di atasnya, sehingga rasanya lebih gurih dan asin.

Berikut Resep Cara Membuat Kue Nastar Keju Empuk dan Gurih
Resep Nastar Keju Empuk dan Renyah
Resep Nastar Keju Empuk dan Renyah
Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kue nastar:
  1. Margarine 150 gr
  2. Tepung terigu dengan kalori rendah 350 gr
  3. Tepung Gula 30 gr
  4. Dua butir telur yang sudah diambil kuningnya (untuk adonan)
  5. Tepung maizena satu sendok makan
  6. Susu bubuk full cream seperempat sendok kecil
  7. Secukupnya keju parut
Bahan untuk membuat selai 
  1. Satu buah nanas
  2. 5 biji cengkeh
  3. Sepotong kayu manis ukuran 3 cm
  4. Gula pasir 125 gr
  5. Secukupnya garam
Cara membuat selai nanas: 
  1. Kupas buah nanas terlebih dahulu, kemudian parut
  2. Selanjutnya, masukkan kayu manis, gula pasir, garam, dan cengkeh. Masak sampai matang dan kental
  3. Dinginkan, lalu bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil.
Bahan untuk olesan:
  1. Satu butir telur yang sudah diambil kuningnya
  2. Madu murni secukupnya
Cara membuat olesan kue nastar:
  • Campurkan kuning telur dan madu, aduk sampai rata dengan cara dikocok menggunakan sendok atau kocokan telur manual (bukan mixer)
Cara membuat kue nastar: 
  1. Kocok kuning telur dengan mixer, lalu masukkan tepung gula dan mentega hingga semuanya tercampur.
  2. Selanjutnya masukkan pada adonan tepung terigu, vanili, tepung maizena, dan susu bubuk, lalu aduk sampai rata. Jangan terlalu lama mengaduk adonan dengan mixer karena dikhawatirkan adonan menjadi terlalu keras.
  3. Diamkan adonan beberapa menit, kemudian ambil adonan sedikit demi sedikit sembari dipipihkan dengan tangan, kemudian ambil bulatan selai taruh diatas adonan yang sudah dipipihkan. Bungkus/tutup selai dengan adonan kemudian bentuk kembali menjadi bulatan-bulatan nastar.
  4. Letakkan bulutan-bulatan kue nastar yang sudah dibentuk pada loyang yang diolesi dengan margarine, beri sedikit jarak antar bulatan kue nastar agar tidak menempel ketika telah matang nanti.
  5. Olesi semua bulatan kue nastar dengan bahan olesan yang telah disiapkan sebelumnya.
  6. Taburi masing-masing bulatan dengan keju parut secukupnya.
  7. Panggang dengan oven sekitar 15 s/d 25 menit. Lamanya proses memanggang kue nastar juga dipengaruhi oleh besar-kecilnya api atau tingkat panasnya oven. Oleh sebab itu sebaiknya ceklah beberapa kali secara manual dengan cara melihat apakah adonan sudah kering dengan sempurna. Jika kue nastar terlihat sudah kering dan retak itu tandanya kue nastar sudah matang.
  8. Angkat dan dinginkan kue nastar. Setelah itu terserah Anda mau langsung dihidangkan atau dimasukkan dulu ke toples untuk disimpan.
Beberapa tips dalam membuat kue nastar:
  1. Untuk mempersingkat waktu proses membuat kue nastar, Anda bisa melewatkan proses membuat selai nanas dengan membeli selai nanas siap saji.
  2. Bahan taburan kue nastar bisa diganti atau ditambah dengan kismis, kacang mede atau coklat.
  3. Jika taburan keju mudah terlepas dari bulatan, Anda bisa mengakalinya dengan memberi olesan ulang ketika proses pemanggangan baru berjalan 5 s/d 10 menit.
Itulah Resep Nastar Keju Empuk dan Renyah, persembahan ResepKuliner.Info. Jangan lewatkan untuk membaca aneka resep kue, resep makanan dan minuman lainnya.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Nastar Keju Empuk dan Renyah"

Posting Komentar