Resep Ayam Kremes ala Restoran

Satu lagi resep masakan berbahan dasar ayam yaitu Resep Ayam Kremes akan kita kupas tuntas pada artikel ini. Ayam Kremes cukup populer seantero Indonesia dan sangat mudah kita jumpai di restoran-restoran. Proses pembuatan Ayam Kremes juga hampir sama dengan ayam goreng pada umumnya seperti Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning, namun dalam membuat Ayam Kremes hal yang sangat penting yaitu bumbu ayam kremes dan cara mengolahnya. Tidak hanya di Indonesia saja, Ayam Kremes banyak dijumpai serta digemari oleh masyarakat Mancanegara.

Bagi Anda penikmat kuliner Indonesia tentu tidak asing lagi dengan beragam resep serba ayam khas Nusantara. Ayam Kremes salah satunya, selain mempunyai rasa yang enak, bumbu dari Ayam Kremes itu sendiri sangat terasa dan krispy. Meskipun cara membuatnya terlihat sulit namun kita dapat membuatnya sendiri dengan mudah, yang terpenting tahu bahan dan bumbu yang akan digunakan serta proses mengolahnya dengan tepat. Seperti apa resep dan cara membuat Ayam Kremes? Simak uluasannya dibawah ini.

Resep Ayam Kremes ala Restoran
Resep Ayam Kremes ala Restoran
Resep Ayam Kremes ala Restoran
Bahan dan bumbu yang harus dipersiapkan:
  • Satu ekor ayam yang baru dipotong. Mau Ayam potong atau Ayam kampung tidak masalah. Kemudian cuci hingga bersih dan potong menjadi 4 sampai 6 bagian (sesuaikan dengan selera Anda). Jika Anda ingin benar-benar mirip Ayam Kremes bikinan restoran pilih bagian yang dada, sayap dan paha saja.
  • 6 siung bawang merah ukuran sedang, kemudian kupas kulitnya.
  • Setengah sendok teh jinten.
  • 3 siung bawang putih
  • Satu sendok kecil ketumbar yang sudah disangrai dan dihaluskan
  • Satu sdt merica butir
  • Setengah sendok kecil garam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • Satu ruas lengkuas seukuran satu setengah jari orang dewasa
  • Sebatang serai ambil putihnya
  • Tepung kanji
  • Baking powder
  • 2 sdm tepung beras
  • Minyak goreng seperlunya
Cara membuat Ayam Kremes:
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, merica, dan jinten. Usahakan agar benar-benar halus.
  2. Rebuslah air secukupnya dengan api sedang lalu masukkan daging ayam.
  3. Masukkan bumbu yang dihaluskan tadi bersama daun salam, daun jeruk serta lengkuas dan serai yang telah dimemarkan. Aduk sampai rata dan tunggu hingga ayam benar-benar matang.
  4. Angkat dan tiriskan ayam, kemudian saring air kaldunya untuk membuat adonan kremes.
  5. Bagi sebagian orang proses paling sulit dalam membuat Ayam Kremes adalah membuat Kremesannya. Untuk itu guna menghindari kekecewaan Anda yang mengikuti resep ini nantinya, maka Admin sarannya Anda (Membaca: cara membuat Kremesan yang renyah dan enak). Pada artikel tersebut proses membuat Kremesan lebih detail dan bisa diaplikasikan untuk masakan kremes lainnya seperti tahu, tempe, risoles dan lain-lain. Namun pada langkah keenam Admin tetap akan memberikan cara membuat Kremesan, terserah Anda mau mencobakan yang mana nantinya. Intinya jika Anda mingikuti cara membuat kremesan pada langkah membuat kremesan dibawah bisa dilewatkan.
  6. Siapkan wadah untuk membuat adonan kremes, kemudian masukkan baking powder, tepung beras, dan tepung kanji.
  7. Tuangkan kaldu yang sudah disaring pada langkah keempat tadi kedalam adonan sedikit demi sedikit selagi hangat. Aduk-aduk sampai tercampur rata.
  8. Usahakan adonan tidak terlalu kental dan tidak pula terlalu encer, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada bentuk kremesan nantinya. Bentuk ideal dari kremesan adalah berserabut-serabut kecil.
  9. Langkah selanjutnya adalah penggorengan. Ada dua opsi cara menggoreng Ayam Kremes, yang pertama adalah ayam digoreng terpisah dengan kremesan, dan yang kedua ayam dilumuri dengan adonan kremes sebelum digoreng. Keduanya sama-sama menghasilkan Ayam Kremes yang renyah dan enak, perbedaannya hanya pada bentuk dan cara penyajiannya saja. Ayam Kremes yang dilumuri dengan adonan kremes sebelum digoreng maka hasilnya setelah digoreng adalah daging ayam tertutup oleh kremesan, sedangkan Ayam Kremes yang digoreng terpisah terlihat mulus. Apapun cara yang Anda pilih pastikan minyak benar-benar sudah panas sebelum memasukkan ayam atau adonan kremes ke penggorengan.
  10. Meskipun Anda memilih cara menggoreng ayam yang dilumuri dengan adonan kremesan, pada akhirnya yang namanya Ayam Kremes tetaplah harus ada kremesan yang digoreng terpisah untuk taburan kremes yang lebih banyak saat disajikan. Cara menggoreng kremesan, panaskan minyak pada wajan sampai benar-benar panas, kemudian tuang adonan kremes sedikit-sedikit. Agar terbentuk serabut sebaiknya pada saat menuang adonan agak ditinggikan dan sedikit disebar. Bolak-balik sampai matang kemudian angkat dan tiriskan. Lakukan langkah tersebut sampai adonan kremes habis.
  11. Selanjutnya goreng juga ayam (mau dilumuri dengan adonan krenyes atau tidak ngak masalah), tunggu ayam matang dan terlihat kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan.
  12. Sajikan Ayam Kremes ala Restoran Anda dengan piring cantik, dengan cara menaruh ayam yang telah digoreng terlebih dahulu pada piring sajian, kemudian baru taburkan dibagian atas kremes-kremesnya. Bila perlu tambahkan nasi, sambal dan daun sayur agar semakin nikmat untuk disantap.
  13. Ayam Kremes ala Restoran siap dihidangkan untuk keluarga atau tamu spesial Anda.
Jika Anda sukses mengikuti Resep Ayam Kremes ala Restoran ini, Admin jamin keluarga atau tamu Anda bakal nambah lagi dan lagi. (Jangan lupa baca juga: Resep Nastar Keju)

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Ayam Kremes ala Restoran"

Posting Komentar