Resep Membuat Donat yang Empuk dan Gurih

ResepKuliner.Info | Resep Membuat Donat – Membuat donat yang enak, empuk dan memiliki tekstur yang lembut terbilang gampang-gampang susah. Dengan membuat donat sendiri, pasti hasilnya akan lebih enak jika dibanding dengan membeli donat ditoko. Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui donat yaitu jajanan yang banyak disukai masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa. Donat itu sendiri dibedakan menjadi 2 macam yaitu donat yang terdapat lubang ditengahnya serta ditaburi dengan berbagai meses, keju dan lainnya, dan yang satu lagi yaitu donat dengan bentuk bulat dengan isi di dalamnya, biasanya isi dari donat tersebut seperti rasa kelapa, coklat, dan strawberry. Bagi Anda yang ingin belajar dalam membuat donat, sebaiknya memperahatikan dengan detail campuran bahan-bahan yang akan digunakan, sebab apabila terjadi kesalahan sedikit saja pada proses membuat donat, maka donat akan sulit mengembang dan berbentuk bantat. 
Resep Membuat Donat yang Empuk dan Gurih
Resep Membuat Donat yang Empuk dan Gurih
Berikut resep membuat donat yang simple:
  • Setengah kilogram tepung terigu
  • 3 sendok makan mentega
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 200 cc air
  • 11 gram ragi instan
  • 2 sendok kecil garam
  • 3 sendok makan susu kental dan susu bubuk
  • 2 butir telur
Cara membuat donat:
  1. Pertama kocok 2 butir telur sampai berbusa, lalu tambahkan gula pasir, susu, mentega, tepung terigu, dan garam, kemudian aduk sampai semuanya rata.
  2. Selanjutnya, masukkan ragi pada air sampai rata, setelah itu masukkan ragi tersebut pada adonan yang telah dibuat. Kemudian, uleni adonan tadi hingga kalis, lalu masukkan pada wadah tertutup dan biarkan kurang lebih sekitar 20 menit hingga adonan mengembang.
  3. Apabila sudah didiamkan selama 20 menit dan sudah mengembang, kemudian ambil adonan sebanyak satu sendok makan lalu bentuk bulat. Selanjutnya campur adonan yang sudah dibentuk bulat ke dalam tepung terigu agar adonan tidak lengket. Lakukan cara ini berulang-ulang hingga adonan habis. Agar adonan terlihat lebih mengembang, diamkan lagi selama 20 menit.
  4. Apabila adonan sudah didiamkan selama 20 menit dan adonan yang dicampur dengan tepung terigu sudah mengembang, maka panaskan minyak goreng. Dan jangan lupa kasih lubang di bagian tengah. Apabila minyak sudah mulai panas, masukkan adonan pada minyak goreng tersebut dan goreng dengan api kecil, tunggu hingga donat berubah warna menjadi coklat. Kemudian angkat donat dan diamkan sampai dingin.
  5. Apabila donat sudah mulai dingin, olesi donat dengan mentega, lakukan berulang-ulang. Kemudian taburi dengan keju, strawberry, meses seres sesuai dengan selera Anda sendiri.
  6. Apabila semua donat sudah ditaburi dengan meses atau yang lainnya, hidangkan pada piring saji. Dan donat siap untuk dinikmati.
Demikianlah Resep Membuat Donat yang Empuk dan Gurih. Jangan lupa untuk mencoba resep tekwan dan resep tempe bacem super lezat khas cita rasa nusantara.

Subscribe untuk mendapatkan update resep ke email Anda:

0 Response to "Resep Membuat Donat yang Empuk dan Gurih"

Posting Komentar